ISO 17025 Versi Baru ?

ISO/IEC 17025 pertama kali diterbitkan pada tahun 1999 oleh International organization for Standardization (ISO) dan International Electro-technical Commission (IEC). Standar ini adalah standar tunggal yang paling penting untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi di seluruh dunia.

Pada saat International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC) pada bulan oktober 2013, Panitia laboratorium (yang terdiri dari perwakilan pemangku kepentingan pengujian dna kalibrasi yang terakreditasi merekomendasikan agar ILAC meminta agar ISO/CASCO membuat item pekerjaan baru untuk merevolusi ISO /IEC 17025:2005 secara komprehensif.

Pendahuluan

ISO / IEC 17025 pertama kali diterbitkan pada tahun 1999 oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Electro-technical Commission (IEC). Ini adalah standar tunggal yang paling penting untuk laboratorium kalibrasi dan pengujian di seluruh dunia, dengan lebih dari 50.000 laboratorium terakreditasi, secara global.

Pada Sidang Umum Laboratorium Akreditasi Laboratorium Internasional (ILAC) pada bulan Oktober 2013, Panitia Laboratorium (yang terdiri dari perwakilan pemangku kepentingan pengujian dan kalibrasi yang terakreditasi) merekomendasikan agar ILAC meminta agar ISO / CASCO membuat item pekerjaan baru untuk merevolusi ISO / IEC 17025 secara komprehensif. : 2005. CASCO adalah komite ISO yang bekerja pada isu-isu yang berkaitan dengan penilaian kesesuaian. CASCO mengembangkan kebijakan dan menerbitkan standar yang terkait dengan penilaian kesesuaian; Itu tidak melakukan kegiatan penilaian kesesuaian. Kegiatan pengembangan standar CASCO dilakukan oleh kelompok kerja yang terdiri dari para ahli yang diajukan oleh badan anggota ISO. Para ahli adalah individu yang memiliki pengetahuan spesifik yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh kelompok kerja.

Proposal Item Pekerjaan Baru (NWIP) diajukan oleh CASCO ke ISO dan disetujui pada bulan Oktober 2014. Grup kerja ISO / CASCO sejak didirikan (WG44) dan ditugaskan untuk revisi standar yang berjudul: “Revisi ISO / IEC 17025 ISO / CASCO / WG 44 ”

Proses pengembangan standar ISO terbagi dalam tahap terpisah termasuk:

Tahap persiapan

Tahap ini mencakup penyusunan draf kerja (WD) oleh WG sesuai dengan arahan ISO / IEC. Tahap persiapan berakhir saat draf kerja tersedia sebagai draft komite pertama (CD draft).

Tahap komite

Tahap ini adalah ketika komentar tentang draft dari badan anggota nasional dipertimbangkan, dengan maksud untuk mencapai konsensus. Tahap komite berakhir ketika semua masalah telah diselesaikan dan CD diterima untuk diedarkan sebagai draft penyelidikan yaitu Draft International Standard (DIS). CD lebih lanjut mungkin diperlukan jika konsensus tidak tercapai sebelum DIS tersedia. Revisi ISO / IEC 17025 sekarang berada pada tahap ini. CD2 sudah diterbitkan untuk komentar.

Tahap penyerahan

Pada tahap penyelidikan, Draft International Standard (DIS) diedarkan ke semua anggota badan nasional untuk memberikan komentar dan memberikan suara.

Biasanya, komite cermin badan nasional bertanggung jawab untuk memantau dan berpartisipasi dalam pekerjaan komite ISO yang relevan. Pada tahap ini diantisipasi bahwa DIS akan dirilis pada paruh kedua tahun 2016.

DIS disetujui jika dua pertiga dari anggota badan nasional mendukung dan tidak lebih dari seperempat dari jumlah total pemungutan suara negatif.

Jika DIS disetujui, proyek akan langsung dipublikasikan. Namun, jika draft tersebut direvisi secara signifikan setelah komentar di tahap DIS (bahkan jika DIS telah disetujui), sebuah keputusan dapat dibuat untuk menyiapkan Final Draft International Standard (FDIS) dan menyebarkannya ke badan anggota nasional untuk pemungutan suara lebih lanjut.

Tahap publikasi

Pada tahap ini draf akhir diajukan untuk dipublikasikan dan hanya koreksi editorial yang dibuat pada teks. Menurut rencana kerja WG44, diharapkan versi revisi standar tersebut akan dipublikasikan pada pertengahan tahun 2017.

Tentang Standar Baru – Perubahan

Format standar baru akan berubah secara signifikan agar lebih sesuai dengan pedoman format ISO yang baru. Format dasarnya mirip dengan standar baru lainnya seperti ISO / IEC 17020 dan ISO / IEC 17065. Diharapkan standar baru ini akan sesuai dengan prinsip-prinsip ISO 9001: 2015 mengenai sumber daya dan proses. Dengan mengikuti filosofi ISO 9001 yang baru ini memerlukan prosedur dan kebijakan yang kurang terdokumentasi dan lebih berfokus pada hasil suatu proses. Contoh: tidak lagi mengharuskan laboratorium untuk mempertahankan deskripsi pekerjaan saat ini (2005 – 5.2.4) namun berfokus untuk mengkomunikasikan kepada setiap orang tugas, tanggung jawab dan kewenangan mereka (CD2 – 6.2.4)

Ketelitian tambahan diberikan dalam menjamin kualitas hasil. Klarifikasi / perluasan risiko keputusan pengukuran juga diharapkan bisa disertakan.

CD2 baru sekarang terstruktur sebagai berikut:

Cakupan

Acuan normatif

Istilah dan definisi

Persyaratan Umum

Persyaratan struktural

Persyaratan sumber daya

Persyaratan proses

Persyaratan manajemen

Lampiran A – Metrologi Lacak (Informatif)

Lampiran B – Sistem Manajemen (Informatif)

Bibliografi

Perubahan persyaratan ISO 17025 / CD2 baru

Berikut ini adalah perubahan utama yang diperkenalkan melalui CD2:

Penggunaan istilah “Kegiatan Laboratorium” bukan laboratorium pengujian / kalibrasi

ISO 17025 baru akan berlaku untuk organisasi yang juga melakukan pengambilan sampel tanpa, tentu saja, menyediakan layanan pengujian / kalibrasi.

artikel asli dapat dilihat di :

www.linkedin.com/pulse/new-iso-17025-what-expect-george-anastasopoulos

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *