June 29, 2014

ISO 22000

Apa itu ISO 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan)
 
Keamanan pangan selalu menjadi pertimbangan pokok dalam perdagangan, baik perdagangan nasional maupun perdagangan internasional.
Oleh karena itu pangan semakin penting serta vital peranannya dalam perdagangan dunia dan peran penting tersebut muncul dari industri pangan sebagai salah satu faktor penentu beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan di dalam persyaratan nasional maupun internasional, sehingga dibutuhkan suatu system manajemen keamanan pangan yang efektif. 
 
ISO 22000 merupakan standar internasional yang menggambarkan kebutuhan dari suatu sistem manajemen keamanan pangan yang mencakup semua organisasi dalam rantai pangan dari panen sampai produk siap untuk dikonsumsi.
ISO 22000 adalah suatu standar internasional yang menggabungkan dan melengkapi elemen utama ISO 9001 dan HACCP dalam hal penyediaan suatu kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan, penerapan, dan peningkatan berkesinambungan dari Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP).
Sistem manajemen keamanan pangan bekerja secara efektif melalui pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi bahaya dalam batas kontrol dan analisa resiko serta mengendalikan bahaya pangan, sehingga makanan yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.
ISO 22000 dapat digunakan oleh berbagai macam organisasi yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan dengan rantai makanan.
 
Manfaat Memiliki Sertifikat ISO 22000
 
Manfaat bagi produsen adalah memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, Persyaratan kepatuhan hokum, Pengendalian/pengurangan bahaya pangan, Mengurangi biaya operasional melalui peningkatan berkelanjutan, Efisiensi dengan mengintegrasikan program-program Pre Requisite Program (PRP) & Operational Pre Requisite Program (OPRP), HACCP dengan filsafat ISO 9001 dan  mendapat akses yang lebih mudah dalam pasar Global. Sedangkan manfaat bagi Konsumen adalah mendapatkan jaminan atas produk makanan yang aman dan layak dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *