LANGKAH-LANGKAH DALAM MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN (SML) ISO 14001:2015

  1. KEBIJAKAN

Pada langkah pertama, penilaian SML mempertimbangkan karateristik, skala kegiatan, dan dampak pada pekerjaan sebuah industri terhadap kehidupan sekitar. Komitmen perusahaan terhadap perbaikan yang bersifat berkelanjutan serta komitmen untuk taat terhadap segala peraturan juga berdampak pada hasil penilaian SML. Hal-hal tersebut dapat tercermin dalam tujuan dan sasaran lingkungan dari semua lini perusahaan.

  1. PERENCANAAN

Perusahaan harus mengelola perencanaan SML secara terstruktur, up to date, dan jelas. Selain itu harus ada jaminan bahwa perusahaan telah taat pada aturan. Sehingga tujuan, sasaran, target, dan indikator keberhasilan dapat terpenuhi dan menunjang penilaian.

  1. IMPLEMENTASI

Dalam mengimplementasikan perencanaan yang telah dibuat, semua lini dalam perusahaan harus berperan. Pelatihan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bagi karyawan dalam suatu perusahaan dalam menerapkan SML. Disamping peran dari seluruh karyawan, maka perlu dilakukan dokumentasi pada setiap kegiatan. Selanjutnya diperlukan pengontrolan untuk dokumentasi sendiri serta operasional, sehingga sistem tanggap darurat diperlukan pula untuk mengatasi ketika terjadi kesalahan.

  1. CHECKING & CORRECTIVE ACTION

Langkah ini dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai macam cara, dan tentunya tujuannya sama yaitu untuk mengevaluasi dan memperbaiki. Metodologi yang dirasa tepat untuk kriteria ini adalah dengan pemantauan dan pengukuran, identifikasi ketidaksesuaian, upaya perbaikan dan pencegahan, pencatatan, dan audit SML.

  1. REVIEW BY MANAGEMENT

Langkah ini merupakan tahapan akhir dari siklus penerapan SML, namun akan dilakukan siklus berulang. Tahapan ini berfungsi untuk menjamin sustaibility, adequacy dan effectiveness dari penerapan SML. Review ini dapat membahas tentang perlunya perubahan kebijakan, tujuan, dan unsur lainnya dalam SML berdasarkan hasil audit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *