10 Manfaat Penerapan ISO 9001 di Perusahaan Kecil Menengah

Published by Trust Consultant on

manfaat ISO 9001

Pedoman Sistem Manajemen Mutu (SMM) sangat relevan untuk semua sektor industri. Biasanya perusahaan besar memiliki sumber daya yang cukup besar dan dapat mengelola persyaratan untuk mengembangkan SMM yang kuat. Namun, perusahaan kecil cenderung kekurangan sumber daya dan sering dikalahkan oleh persaingan. Maka dari itu, program sertifikasi seperti ISO 9001 memberikan solusi terbaik tanpa menjadikannya tidak cocok untuk perusahaan dengan sumber daya yang terbatas. 

 

ISO 9001:2015 adalah Sistem Manajemen Mutu yang diterima secara global. Standar ini diperbarui pada 15 September 2015. Bagi perusahaan besar atau kecil, sistem manajemen mutu sangat penting di semua bidang keahlian, dan kerangka kerja ISO 9001 sangat ideal untuk diterapkan oleh bisnis apapun, baik itu skala besar atau kecil. 

Pentingnya Standar ISO 9001 Bagi Perusahaan Kecil

International Organization for Standardization (ISO) mendefinisikan “standar” sebagai sebuah panduan yang mencakup berbagai sistem dan aspek yang berkaitan dengan organisasi. Panduan tersebut mengacu kepada manajemen, kualitas, keamanan, dan efektivitas produk, operasi, serta jasa yang dihasilkan oleh sebuah organisasi. ISO kemudian membantu menyediakan berbagai standar yang untuk semua proses bisnis. 

Dengan semakin meningkatnya tuntutan usaha kecil dan menengah terhadap kualitas, harga, dan layanan, cara yang paling efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah melalui Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001 yang terstruktur. Untuk usaha kecil menengah, hal ini tidak sesulit kelihatannya, karena akan selalu didasarkan pada bagaimana sistem bisnis beroperasi saat ini. Tujuan sertifikasi staandar ini adalah untuk merancang proses yang secara sistematis dan efisien memastikan produksi barang dan jasa berkualitas serta peningkatan proses yang konsisten.

Mengapa harus ISO 9001?

Mengutip dari laman BSI group, ada tiga alasan utama mengapa harus ISO 9001 yang menjadi standar utama yang diterapkan oleh usaha kecil menengah, yaitu: 

  1. Menjadi peluang nyata bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnis, terutama keuntungan (profit). Anda dapat mengejar kontrak kerjasama dengan mereka yang mencantumkan sertifikasi sebagai syarat kontraktual. Peningkatan omset yang mungkin terjadi dapat mengkompensasi biaya pemeliharaan sertifikasi yang sedang berlangsung. 
  2. Memberikan kesempatan untuk lebih memahami bisnis Anda melalui informasi dan data yang diberikan oleh sistem. Mungkin Anda merasa sudah sangat mengenal bisnis Anda, namun kenyataannya, bisnis lain yang seukuran dengan bisnis Anda dan sudah mengadopsi ISO 9001 telah merasakan berbagai manfaatnya. Informasi- informasi tersebut membantu meningkatkan kualitas bisnis, fokus pelanggan, mengembangkan manajemen risiko, dan meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta menghemat biaya.
  3. Mengembangkan sistem yang menyediakan building blocks yang dibutuhkan oleh usaha kecil menengah untuk maju, karena dapat meningkatkan pengakuan anggota tim Anda dengan melibatkan mereka dalam proses pertimbangan, pengembangan, dan implementasi standar. Sehingga dapat meningkatkan komunikasi dan pemahaman dari seluruh level dengan respon yang lebih cepat dalam menyelesaikan masalah. 

 

Baca Juga Materi Lengkap ISO 9001:2015 dan Cara Mendapatkannya

Manfaat Eksternal Bagi Usaha Kecil Menengah yang Menerapkan ISO 9001:2015
  1. Menunjukkan bahwa bisnis Anda telah mengupayakan untuk meningkatkan sistem agar bisa memenuhi standar ISO 9001:2015. Tujuannya adalah terus menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. 
  2. Memastikan kepuasan pelanggan pada level tertinggi dan meningkatkan efektivitas produksi. Sehingga, pada akhirnya akan memberikan peluang untuk mendapatkan pesanan, peningkatan profitabilitas dan stabilitas dalam bisnis
  3. Riset yang dilakukan oleh BSI dari tahun 2012 – 2015 menunjukkan bahwa bisnis yang menerapkan dan memperoleh sertifikat ISO 9001 mampu menarik 50,6% pelanggan baru. Lalu, ada 62,2% melaporkan ada peningkatan produk atau layanan, serta 60,8% melaporkan peningkatan kepercayaan terhadap bisnis mereka
Manfaat Internal Bagi Usaha Kecil Menengah yang Menerapkan ISO 9001:2015
  1. Karyawan Anda akan memiliki sistem yang jelas dan logis dengan proses kerja yang konsisten serta berulang, sehingga dapat selalu menyelesaikan pekerjaan secara benar. 
  2. Anda dan karyawan- karyawan Anda yang telah terlibat dalam proses awal pengembangan dan review standar ini, akan lebih menghargai manfaat SMM sebagai sebuah proses yang jelas dan disepakati. Sehingga dapat mendukung aktivitas harian secara efektif dan dalam situasi apapun yang mungkin terjadi. 
  3. Melalui peningkatan sistem, akan tercipta pemahaman yang jelas mengenai apa yang perlu dilakukan oleh masing-masing orang, dan bagaimana melakukannya. Sehingga tidak perlu membuang- buang waktu lagi untuk mencari atau mengingat setiap informasi. 
  4. Sertifikasi memungkinkan adanya peningkatan kualitas bisnis dan menarik pelanggan baru. Sebab, sertifikat ISO 9001 dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi bisnis Anda untuk bersaing dengan pasar yang lebih besar.
  5. Tim dapat dengan cepat merespons jika terjadi kesalahan dan menyetujui tindakan korektif untuk mencegah risiko yang lebih serius. 
  6. Tim memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan tindakan untuk memperbaiki dan mencegah pengulangan masalah yang timbul. Jika masalah lain muncul, ada proses yang dapat digunakan oleh tim untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah lebih cepat.
  7. Melalui peningkatan kontrol dan pelaporan bisnis, akan lebih mudah untuk mengamati bagaimana bisnis berjalan dan aspek apa saja yang harus dilihat secara lebih rinci.

 

Sumber referensi:
  1. Mike Pearson. 2016. The Small Business Owner’s Simplified Guide to ISO 9001 and Business Improvement. BSI Group. 
  2. IRCLASS. The Top Benefits of ISO 9001 Certification for Small Businesses. Diakses pada 14/8/23. The Top Benefits of ISO 9001 Certification for Small Businesses – Quality Management System, ISO Certification Bodies In India 

 

Penulis: (S)

 

Daftar untuk download artikel



    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *