Persyaratan mendapat sertifikat OHSAS

OHSAS atau Occupational Health and Safety Assesment Seriesmerupakan serangkaian acuan atau standar internasional yang digunakan untuk penerapan sistem manajemen K3.

  1. Persyaratan umum

Organisasi harus membuat, mendokumentasikan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen K3 secara berkelanjutan sesuai dengan persyaratan standar OHSAS.

  1. Kebijakan K3 merupakan komitmen tertulis perusahaan untuk memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.Kebijakan K3

Untuk memenuhi persyaratan standar OHSAS 18001:2007, kebijakan K3 yang dibuat harus memiliki beberapa kriteria. Di antaranya, sesuai dengan sifat dan risiko-risiko kesehatan dan keselamatan kerja dalam perusahaan, berisi komitmen untuk mematuhi peraturan K3, pencegahan cedera, penyakit akibat kerja, serta memberikan kerangka untuk menetapkan dan meninjau tujuan-tujuan K3.

Kebijakan K3 juga harus disosialisasikan, diterapkan, dan dipelihara dengan baik. Di berbagai perusahaan, kebijakan K3 ini biasanya didokumentasikan dalam bentuk buku manual/handbook K3 atau pun dipasang sebagai poster agar semua karyawan dapat membacanya.

  1. Perencanaan merupakan tindak lanjut dan penjabaran kebijakan K3 yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan hasil audit, masukan, dan pengukuran kinerja perusahaan. Tahap perencanaan terdiri dari:Perencanaan
  • Identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan penetapan pengendalian
  • Peraturan perundangan dan persyaratan lain
  • Tujuan dan program
  1. Sumber daya, peran, tanggung jawab,akuntabilitas,danwewenangPenerapan dan operasi
  • Kompetensi,pelatihan,dankepedulian
  • Komunikasi,partisipasi,dankonsultasi
  • Dokumentasi

Untuk memenuhi persyaratan standar OHSAS 18001:2007, perusahaan atau organisasi harus mendokumentasikan hal-hal sebagai berikut:

– KebijakanK3danTujuan K3

– RuanglingkupsistemmanajemenK3

– Elemen-elemen sistem manajemen K3 dan interaksi serta referensinya

– Dokumen yang menjadi persyaratan standar OHSAS 18001:2007 dan catatan berupa bukti perencanaan, operasi, dan pengendalian proses yang berhubungan dengan risiko K3.

  • Pengendaliandokumen
  • Pengendalian operasi
  • Kesiapsiagaan dan tanggap darurat
  1. Perusahaan atau organisasi harus melakukan pemeriksaan terkait:Pemeriksaan
  • Pemantauandanpengukurankinerja
  • Evaluasikesesuaian
  • Penyelidikaninsiden,ketidaksesuaian,tindakanperbaikandanpencegahan
  • Pengendaliancatatan
  • Auditinternal
  1. Manajemen puncak harus meninjau ulang sistem manajemen K3 pada interval waktu tertentu untuk memastikan kelangsungan kesesuaian, kecukupan, dan efektivitasnya. Tinjauan ini mencakup upaya perbaikan dan kebutuhan akan perubahan terhadap sistem manajemen K3, termasuk perubahan kebijakan dan tujuan K3. Tinjauan manajemen kemudian harus didokumentasikan untuk keperluan komunikasi dan konsultasi. Manajemen review

Proses selanjutnya adalahformal assessment. Pada proses ini, semua kelengkapan persyaratan standar OHSAS 18001:2007 akan diperiksa. Jika semua sudah lengkap, tim audit kemudian akan menilai penerapan prosedur dan kontrol dalam perusahaan Anda untuk memastikan bahwa semuanya berjalan efektif. Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, Anda akan melewati serangkaian proses untuk mendapatkan sertifikat OHSAS 18001:2007. Secara garis besar, proses tersebut adalahanalisagap, yaitu pra-assessmentyang dilakukan oleh tim audit dengan cara membandingkan sistem manajemen K3 perusahaan Anda dengan standar OHSAS 18001, apakah sudah memenuhi persyaratan atau belum. Walau pun bersifat opsional, namun proses ini sangat berguna untuk mengidentifikasi bagian mana yang harus diperbaiki sebelum dilakukan formalassessment.

Setelah lolos prosesformal assessment, Anda akan mendapatkan sertifikat OHSAS 18001:2007 yang berlaku selama 3 tahun. Lembaga audit kemudian akan melakukan kunjungan secara berkala untuk memastikan sistem manajemen K3 berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan di perusahaan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *