RSJD Dr. RM Soedjarwadi Terapkan Konsep Green House

KLATEN, suaramerdeka.com – RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten mulai menerapkan konsepgreen hospital untuk menjawab tunutan masyarakat.  Menurut Direktur RSJD DR RM Soedjarwadi, dokter Tri Kuncoro berbagai langkah dilakukan RSJD milik Pemprov Jateng itu untuk memenuhi tuntutan masyarakat modern.

“Masyarakat mulai menyadari jaminan kenyamanan dan keamanan lingkungan sebagai satu kesatuan pelayanan rumah sakit,” jelasnya di sela kegiatan awareness dan workshop sistem menejemen mutu ISO 9001: 2015 dan sistem menejemen lingkungan ISO 14001: 2015.

Kegiatan diikuti jajaran mejenemen RSJD dengan pembicara dari  Trust Consultan. Menurut Tri Kuncoro, kegiatan workhsop  menejemen mutu dilaksanakan untuk menjaga mutu pelayanan masyarakat setelah sebelumnya sudah mendapat ISO 9001: 2008.

Adapun upaya menerapkan ISO 14001: 2015 tentang menejemen lingkungan dalam rangka penerapan sistem menejemen lingkungan yang lebih baik lagi. Sebab bagaimanapun RSJD memiliki kewajiban pada lingkungan. Masyarakat yang datang harus merasa nyaman dan aman dari dampak lingkungan yang ditimbulkan RSJD. Baik bagi pengunjung maupun masyarakat sekitar.

Untuk penerapan green hospital , RSJD memiliki beberapa agenda yang sudah  dilaksanakan. Didukung kepemimpinan yang memadai, kebijakan RSJD ramah lingkungan sudah dibuat. Misalnya kebijakan agar semua pegawai berhemat air, berhemat listrik, penghijauan dan membuat sumur resapan.

Tak kalah penting, kata Tri Kuncoro, RSJD sudah menerapkan manajemen sampah agar udara terjaga kesehatannya dengan lebih baik di lingkungan rumah sakit.  Green hospital sendiri sudah dicanangkan beberapa waktu lalu.

Manajer Trust Consultan, Trusti Aulia mengatakan ISO 14001: 2015 merupakan ISO spesifik yang khusus tentang menejemen lingkungan. Di dalamnya ada 10 klausul yang harus dipenuhi. ”Out putnya tidak lain adalah pelayanan dan kepuasan pelanggan,” katanya.

(Achmad Hussain / CN26 / SM Network)

 

Sumber :

http://berita.suaramerdeka.com/rsjd-dr-rm-soedjarwadi-terapkan-konsep-green-hospital/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *