Cara mendapat Sertifikat ISO 9001:2015

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015

Siapa yang mengeluarkan Sertifikat ISO 9001:2015?

Sertifikat ISO 9001:2015 dikeluarkan oleh lembaga yang disebut badan sertifikasi. Badan sertifikasi yang eksis di Indonesia cukup banyak. Sebut saja diantaranya Sucofindo, SAI Global.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO 9001?

Ada dua syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:

  1. Telah menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2015 sekurang-kurangnya tiga bulan.
  2. Lulus audit sertifikasi

Bagaimana mekanisme mengajukan audit sertifikasi?

Setelah organisasi anda menerapkan ISO 9001 sekurang-kurangnya 3 bulan, anda boleh mengajukan diri untuk diaudit ke badan sertifikasi yang dipilih. Badan sertifikasi akan meminta anda untuk mengirimkan dokumen ISO 9001 seperti pedoman mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu, 6 prosedur wajib, prosedur kerja departemen / bagian. Anda juga diminta untuk mengirimkan bukti pelaksanaan internal audit dan rapat tinjauan manajemen

Berapa lama proses audit sertifikasi?

ISO merupakan sebuah organisasi internasional yang mengurusi masalah standarisasi yang dijadikan sebagai patokan di seluruh dunia.

Organisasi ini pertama kali didirikan di Swiss dan telah banyak mengeluarkan berbagai keputusan terkait dengan standarisasi yang digunakan oleh seluruh masyarakat dunia.

Dalam membuat sebuah standarisasi yang baik, ISO tidak sembarangan menetapkannya tanpa melihat berbagai faktor.

Karena hal yang terkait merupakan hal yang menyangkut masyarakat seluruh dunia, maka dari itu dalam hal ini, anggota yang bekerja di ISO harus bisa memperhatikan kesetaraan mutu di setiap negara, padahal seperti yang kita ketahui bahwa setiap negara memiliki nilai tersendiri yang dianut masing-masingnya.

Demi menjadikan standar yang adil, pihak ISO tidak gegabah dan kemudian merekrut karyawan dari berbagai negara untuk bergabung dalam organisasi tersebut guna memberikan adanya keseimbangan pada setiap standarisasi yang dibuat.

Salah satu standarisasi yang dikeluarkan ISO adalah iso 9001 yang merupakan sebuah standarisasi untuk mutu perusahaan dan produk yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan sertifikat dari ISO biasanya perusahaan tertentu memerlukan sebuah konsultan iso agar bisa lolos dengan baik dalam seleksi ISO

 

Tugas Konsultan ISO

Lalu apa sebenarnya tugas yang diemban oleh seorang konsultan iso? Tugas dari seorang konsultan iso ini lebih untuk membimbing perusahaan agar bisa berhasil mendapatkan sertifikasi ISO.

Selain itu, konsultan iso haruslah bisa memberikan pengetahuan tentang penerapan poin-poin dalam ISO 9001 guna mencapai lingkungan perusahaan yang sesuai dengan standar dunia.

Kemudian, konsultan iso juga harus mampu menjembatani perbedaan yang bisa muncul diantara departemen yang ada di perusahaan sehingga lingkungan kerja bisa selaras, tidak ada perselisihan dan standar ISO bisa diterapkan dengan sempurna.

Karena ada kalanya meskipun telah mendapatkan sertifikasi  ISO, perusahaan tersebut gagal untuk menjalankan standarisasinya karena kurangnya pengetahuan dari karyawan dan juga sikap tidak komitmen dari atasan yang menyepelekan standarisasi ISO setelah mendapat sertifikatnya.

Konsultan iso yang baik juga harus bisa mendevelop semua sistem standar ISO untuk di implementasikan dalam perusahaan, Konsultan iso juga mampu memberikan training dan sosialisasi tentang penerapan sistem ISO kepada karyawan dalam perusahaan, agar semua komponen bisa memahami maksud dan tujuan impelementasi sistem ISO.

Kami Trust Consulting memiliki keunikan dan kelebihan dalam memberikan jasa layanan konsultasi yang baik. Di dukung oleh Konsultan Ahli, Profesional dan berpengalaman kami akan membantu sepenuhnya apa yang perusahaan anda butuhkan, dan tentu dengan GARANSI / JAMINAN untuk tiap konsultasi yang kami berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *